PT. Hanusentra Propertindo
Thumbnail Menata Rumah Minimalis

Tips Menata Rumah Minimalis

Category :
Tips & Trick
Author :

Membeli rumah konsep minimalis seringkali masih menjadi pilihan pasangan muda atau perorangan yang baru ingin membeli rumah, karena harganya yang relatif murah dan terjangkau. Namun, persoalan cara menata rumah minimalis menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi pemiliknya.

Konsep rumah minimalis dengan area yang terbatas membuat pemilik rumah kesulitan dalam mengatur tata letak ruangan dan perabotan yang akan diisi. Jika penempatan yang dilakukan tidak benar, akan membuat rumah kelihatan berantakan dan sempit. 

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan menata rumah minimalis, silahkan simak tips menata rumah minimalis ala tim Hanusentra Propertindo dibawah ini ya!

1. Minimalisir Sekat dalam Rumah

Tips Menata Rumah Minimalis Thumbnail
(source: dokumentasi Casa Green Parung)

Pemanfaatan sekat dalam ruangan sangatlah penting supaya ruangan tidak terasa sempit, salah satunya dengan meminimalisir sekat. Terlalu banyak sekat di dalam rumah minimalis akan membuat ruangan terkesan lebih kecil dan sempit. Oleh karena itu, buatlah ruangan terasa lebih lapang dan lega dengan membiarkan ruangan terlihat terbuka, sehingga mata yang melihat akan merasa nyaman.

Jika kamu ingin memisahkan ruangan dengan ruangan lain nya, kamu bisa menggunakan furniture seperti lemari atau rak buku sebagai sekat karena akan membuat ruangan lebih rapi. Apabila kamu tidak ingin memakai lemari, kamu bisa mengganti sekat dengan gorden atau pintu lipat yang lebih leluasa dalam penggunaanya.

2. Sesuaikan Ukuran Perabotan

Perabotan Casa Green Parung
(source: dokumentasi Casa Green Parung)

Bagi kamu yang baru membeli rumah tentunya akan membeli perabotan untuk mengisi rumah. Namun, ada hal yang cukup sering tidak disadari oleh pemilik rumah adalah ketika membeli perabotan terlalu besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan rumahnya. Sebagai contoh, ketika kamu ingin membeli sofa untuk ruang tamu sedangkan ukuran  ruang tamu rumahmu tidak terlalu besar. Hindari membeli sofa yang terlalu panjang dan besar, karena akan memakan banyak tempat di ruang tamu, sehingga ruangan akan terasa lebih sempit. Cobalah mengganti dengan membeli sofa yang kecil, ruang tamu kamu akan masih tersisa banyak tempat untuk meletakkan barang yang lainya dan tentu akan terasa lebih luas.

3. Gunakan Storage Box untuk Menyimpan Barang

Penggunaan storage box sangat diperlukan bagi kamu yang memiliki rumah minimalis, apalagi bagi kamu yang sudah memiliki anak, storage box bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti mainan anak dan peralatan tulis. Pisahkan barang-barang sesuai kategori agar kamu lebih mudah mencarinya ketika dibutuhkan. Penggunaan storage box juga bisa kamu kombinasikan dengan ruangan, supaya barang menjadi lebih rapi dan ruangan tetap terlihat indah.

4. Memaksimalkan Penyimpanan Vertikal di Dapur

Kitchen Minimalis Casa Green Parung
(source: dokumentasi Casa Green Parung)

Dapur sering kali menjadi tempat dengan banyak perabotan, sehingga akan menghabiskan banyak ruang. Solusinya adalah kamu bisa menggunakan rak tinggi dengan banyak sekat atau laci di dalamnya. Setelah itu kamu bisa susun bumbu dapur dan peralatan memasak sesuai urutan yang paling sering digunakan.

5. Gunakan Perabotan Multifungsi

Sering kali muncul permasalahan yang dihadapi pemilik rumah minimalis adalah ruangan yang terlihat sempit yang disebabkan oleh perabotan yang terlalu banyak. Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan perabotan multifungsi seperti meja makan yang dapat dilipat, tempat tidur yang memiliki banyak laci di bawahnya, sehingga dapat menghemat ruangan untuk lemari.

6. Memilih Cat yang Tepat

Menentukan Cat yang tepat dalam rumah minimalis sangatlah penting, supaya rumah tidak terlihat makin sempit, pilihlah warna-warna minimalis seperti putih, abu-abu, dan krem yang dapat memberikan kesan ruangan lebih luas. Bahkan, warna krem yang dipadukan dengan perabotan kayu dapat menimbulkan kesan hangat dan nyaman. 

Seperti di Perumahan Casa Green Parung dari Hanusentra Propertindo, hadir dengan konsep minimalis dan fungsional, sangat cocok untuk kamu yang dinamis. Casa Green Parung memiliki beberapa tipe yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Penataan rumah minimalis tentunya menjadi unsur yang tidak dilewatkan oleh Arsitek kami. Buruan bikin janji temu untuk dijadwalkan visit unitnya!