PT. Hanusentra Propertindo
Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR

Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR

Category :
Edukasi
Author :

Setiap orang pasti membutuhkan tempat tinggal. Bahkan, rumah juga menjadi salah satu sarana investasi yang paling menguntungkan karena nilainya terus meningkat setiap tahunnya.

Harga rumah yang semakin mahal, membuat sebagian orang merasa sulit untuk membelinya. Namun sekarang sudah ada program dari pemerintah dan perbankan yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). KPR merupakan suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh suatu perbankan kepada nasabah perorangan untuk membeli atau memperbaiki rumah. KPR bisa di gunakan oleh nasabah untuk mencicil rumah impian dalam jangka waktu tertentu.

Berikut keuntungan membeli rumah dengan KPR yang harus anda tahu:

1. Biaya Awal yang Dikeluarkan lebih Ringan

Keuntungan mengambil Kredit Kepemilikan Rumah (  KPR) yang pertama adalah Anda bisa mendapatkan rumah impian tanpa banyak modal di awal. Bank dapat membiayai 70-80 persen dari harga rumah. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menyiapkan uang muka (DP) dan pelunasan pembayaran untuk dibayarkan kepada Penjual/developer pemilik rumah tersebut.

2. Bank Menawarkan Promo Bunga Rendah

Membeli rumah dengan KPR, biasanya pihak bank akan memberikan banyak promosi dengan bunga yang rendah dengan skema fixed. Hal seperti ini yang akan menjadi keuntungan bagi Anda karena sistem bunga fixed tidak akan berubah dalam waktu yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

3. Legalitas Terjamin

Ketika membeli rumah pastinya banyak dokumen dan pajak yang harus diurus agar transaksi yang dilakukan legal. Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah/properti, pastinya akan sangat membingungkan dalam mengurusnya. Namun tenang, dengan Anda membeli rumah dengan KPR, dari pihak bank akan membantu mengurus sertifikat dengan menunjuk ke Notaris dan PPAT. Semua dokumen dari penjual/developer akan diperiksa secara detail guna menghindari pemalsuan dokumen. Dengan begitu pembelian rumah menggunakan KPR akan lebih tenang karena legalitas rumahnya terjamin. 

4. Asuransi dari Bank

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan Asuransi dari pihak Bank penyedia KPR. Anda akan diberikan asuransi jiwa dan jaminan yang akan melindungi rumah/properti dari kemungkinan kerusakan yang diakibatkan dari musibah.

5. Cicilan Rumah yang Ringan

Terkadang masih banyak yang ragu ketika ingin mencicil rumah dengan KPR, karena mereka harus berhutang puluhan tahun di bank dan membayar angsuran yang lebih mahal karena floating. Padahal, dengan adanya inflasi dan peningkatan penghasilan yang akan membuat cicilan menjadi ringan.

6. Jangka Waktu Relatif Panjang

Banyak orang yang menunda membeli rumah karena menunggu usianya matang. Padahal membeli rumah di usia muda membuat waktu cicilan atau tenor yang didapat bisa lebih panjang. Karena pihak Bank akan menetapkan batas akhir masa kredit 65 Tahun. jika Anda mengambil KPR di usia 50 Tahun, maka tenor yang bisa didapatkan hanya 10-15 Tahun. Lain halnya ketika mengambil KPR di usia muda umur 25-30 Tahun, tenor yang bisa dipilih hingga 20-30 Tahun.

7. Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah dengan KPR, Anda bisa jadikan investasi jangka panjang. Ketika KPR lunas, harga rumah otomatis sudah naik hingga Anda bisa mengambil keuntungan yang lebih banyak jika ingin menjualnya.

Meski banyak keuntungan membeli rumah dengan KPR, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilih rumah. Pilih pengembang yang memiliki reputasi baik dan pastikan rumah berlokasi strategis untuk dijual kembali / disewakan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya!