PT. Hanusentra Propertindo
Foto Jenis-Jenis KPR

Jenis-Jenis Suku Bunga KPR

Category :
Edukasi
Author :

Sebagai nasabah, suku bunga adalah faktor terpenting dalam mengambil pinjaman dari bank. Tidak terkecuali KPR, itulah mengapa penting untuk mengetahui jenis-jenis bunga KPR sebelum Anda menandatangani perjanjian akad KPR.

Suku bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar oleh bank kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dan harga yang harus dibayar nasabah kepada bank (jika nasabah menerima pinjaman). Bunga bank dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bunga simpanan dan bunga pinjaman. Bunga simpanan adalah imbalan yang dibayarkan oleh bank kepada nasabah atas simpanan nasabah pada bank. Pada saat yang sama, bunga pinjaman adalah imbalan yang ditetapkan bank kepada peminjam atas pinjaman yang diterima.

Berikut jenis-jenis suku bunga KPR, yaitu:

1. Suku Bunga Tetap (Fixed Rate)

Suku bunga tetap atau fixed rate adalah suku bunga yang bersifat tetap dan tidak berubah sebelum atau sampai dengan tanggal jatuh tempo (selama masa pinjaman). Misalnya, suku bunga KPR untuk perumahan subsidi dengan menerapkan suku bunga tetap.

2. Suku Bunga Mengambang (Floating Rate)

Suku bunga mengambang atau floating rate adalah suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga di pasaran. Jika suku bunga di pasaran naik, maka suku bunganya juga ikut naik, begitupun sebaliknya. Misalnya, suku bunga KPR untuk periode tertentu yaitu dua tahun pertama diberlakukan suku bunga tetap, namun dalam periode selanjutnya menggunakan suku bunga mengambang atau floating rate.

3. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah suku bunga yang dihitung berdasarkan jumlah pinjaman pokok untuk setiap awal pembayaran. Suku bunga flat perhitunganya lebih mudah dibandingkan dengan suku bunga yang lainya. Biasanya suku bunga flat digunakan untuk pinjaman jangka pendek untuk barang konsumsi, seperti Ponsel, peralatan rumah tangga, sepeda motor atau Kredit Tanpa Agunan (KTA).

4. Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif adalah suku bunga yang dihitung berdasarkan sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulan seiring dengan menyusutnya hutang telah dibayar. Artinya semakin sedikit pokok pinjamannya, maka semakin sedikit juga suku bunga yang harus dibayarkan. Suku bunga efektif dianggap lebih adil bagi nasabah dibandingkan dengan menggunakan suku bunga flat.

5. Suku Bunga Anuitas

Suku bunga anuitas mengatur jumlah angsuran pokok ditambah angsuran bunga agar sama setiap bulan. Dalam perhitungannya, suku bunga anuitas memiliki bunga yang sangat besar di awal sedangkan angsuran pokok sangat kecil. apabila sudah mendekati berakhirnya masa pinjaman, keadaan akan menjadi berbalik. Angsuran pokok akan sangat besar sedangkan bunga menjadi lebih kecil. Suku bunga anuitas biasanya diterapkan untuk pinjaman jangka panjang semisal Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau kredit investasi.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis suku bunga KPR, mungkin Anda akan bergegas untuk mengajukan KPR. Namun, sebelum Anda mengambil keputusan, Anda perlu memilih Bank untuk mengetahui suku bunga yang sesuai dengan kemampuan Anda karena suku bunga tiap bank berbeda. 

Hanusentra Propertindo bekerjasama dengan beberapa bank yang bisa Anda pilih untuk pemilihan pembayaran produk properti kami secara KPR. Sebelum harga naik, segera kunci harganya dari sekarang.

Semoga artikel ini dapat membantu ya!