PT. Hanusentra Propertindo

Investasi Ruko Untung Gak Ya?

Category :
Edukasi
Author :

Investasi properti menjadi salah satu opsi yang menarik bagi para investor yang ingin memperoleh keuntungan jangka panjang. Salah satu jenis properti yang menarik untuk diinvestasikan adalah ruko atau rumah toko. Ruko adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Dalam artikel ini, kita akan membahas keuntungan investasi ruko, faktor yang mempengaruhi keuntungan investasi ruko, risiko investasi ruko, serta cara memilih ruko yang cocok untuk investasi.

Keuntungan Investasi Ruko

Investasi ruko memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Pendapatan Sewa Rutin

Investasi ruko dapat memberikan pendapatan sewa yang stabil karena pengusaha atau penyewa ruko akan membayar sewa setiap bulan. Selain itu, terdapat potensi kenaikan harga sewa ruko dari waktu ke waktu, terutama jika ruko berada di lokasi yang strategis dan berkembang.

2. Capital Appreciation

Investasi ruko juga memberikan peluang untuk capital appreciation atau kenaikan harga properti. Properti yang strategis akan mengalami kenaikan harga seiring dengan perkembangan wilayah sekitarnya. Investor dapat membeli ruko dengan harga yang relatif murah di awal, kemudian menjualnya di kemudian hari ketika harga properti meningkat.

3. Diversifikasi Portofolio

Investasi ruko dapat menjadi bagian dari diversifikasi portofolio. Diversifikasi portofolio adalah strategi investasi dengan membagi modal ke dalam berbagai jenis investasi sehingga risiko dapat dikelola dengan baik. Dalam hal ini, investasi ruko dapat mengurangi risiko dengan membagi modal ke dalam berbagai jenis investasi. Selain itu, investor juga dapat memanfaatkan ruko untuk mengembangkan bisnisnya.

Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Investasi Ruko

Beberapa faktor yang mempengaruhi keuntungan investasi ruko adalah:

1. Lokasi Ruko

Lokasi ruko adalah faktor penting yang mempengaruhi keuntungan investasi ruko. Ruko yang berada di lokasi strategis dan berkembang akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya wilayah, semakin tinggi pula kebutuhan masyarakat akan tempat usaha.

2. Ukuran Ruko

Ukuran ruko juga mempengaruhi keuntungan investasi ruko. Ruko dengan ukuran yang besar biasanya lebih mahal dibandingkan dengan ruko yang lebih kecil, namun dapat memberikan pendapatan sewa yang lebih tinggi. Sebaliknya, ruko dengan ukuran yang lebih kecil biasanya lebih terjangkau namun pendapatan sewanya mungkin tidak sebesar ruko dengan ukuran yang lebih besar.

3. Fasilitas dan Kondisi Ruko

Fasilitas dan kondisi ruko juga mempengaruhi keuntungan investasi ruko. Ruko yang dilengkapi dengan fasilitas seperti parkir, toilet, dan akses yang mudah akan lebih diminati oleh penyewa. Kondisi ruko yang terawat dan bersih juga dapat meningkatkan nilai propertinya.

4. Potensi Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Tersebut

Potensi pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut juga mempengaruhi keuntungan investasi ruko. Investasi ruko yang dilakukan di wilayah yang sedang berkembang dan memiliki prospek ekonomi yang baik, seperti adanya pusat perbelanjaan, pusat bisnis, universitas, dan fasilitas umum lainnya, dapat memberikan potensi keuntungan yang lebih besar.

Risiko Investasi Ruko

Investasi ruko juga memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

1. Risiko Pemeliharaan

Sebagai pemilik ruko, investor bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki ruko jika terjadi kerusakan. Hal ini bisa menjadi beban finansial yang cukup besar, terutama jika kerusakan cukup serius.

2. Risiko Penyewa

Risiko penyewa juga perlu dipertimbangkan. Jika penyewa tidak membayar sewa atau merusak ruko, investor harus menanggung kerugian tersebut. Hal ini bisa menjadi beban finansial yang cukup besar dan merugikan investasi.

3. Risiko Penguasaan Lahan

Risiko penguasaan lahan juga harus diperhatikan. Jika lahan yang digunakan untuk ruko tersebut diambil alih oleh pemerintah atau pemilik tanah, investor akan kehilangan hak atas ruko tersebut dan tidak mendapatkan pengembalian modal yang dikeluarkan untuk membeli ruko.

Cara Memilih Ruko yang Cocok untuk Investasi

Untuk memilih ruko yang cocok untuk investasi, investor dapat mempertimbangkan beberapa hal, antara lain:

1. Lokasi Ruko

Pilihlah ruko yang berada di lokasi strategis dan berkembang, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat bisnis, universitas, dan fasilitas umum lainnya.

2. Kondisi Fisik Ruko

Perhatikan kondisi fisik ruko seperti struktur bangunan, instalasi listrik, ketersediaan air, dan kondisi atap. Pastikan ruko dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik.

3. Potensi Penghasilan

Pastikan ruko memiliki potensi penghasilan yang baik dengan melihat harga sewa ruko di daerah tersebut.

4. Potensi Capital Appreciation

Pastikan ruko memiliki potensi capital appreciation dengan melihat perkembangan wilayah sekitarnya.

5. Legalitas Ruko

Pastikan ruko memiliki legalitas yang jelas, seperti sertifikat tanah, IMB, dan dokumen-dokumen lainnya.

Dalam investasi properti, termasuk investasi ruko, seorang investor harus mempertimbangkan segala risiko dan potensi keuntungan yang ada. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan dan risiko investasi ruko, serta memilih ruko yang cocok untuk investasi, investor dapat memperoleh keuntungan jangka panjang dari investasi properti tersebut.

 

Bagi Anda yang ingin investasi Ruko. Hanusentra Propertindo saat ini memiliki 1 proyek Ruko  yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni Ruko Sentra Serua. Tentunya kami memiliki promo menarik yang bisa Anda dapatkan. Segera hubungi tim Marketing kami untuk mendapatkan informasi lengkapnya.